Senin, 10 September 2018

KELUARGA SHANIA (40)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (40)
*Buku Pilihan
Oleh: Merry Srifatmadewi

Jam istirahat Shania menuju ruang perpustakaan. Bukan untuk istirahat dengan membaca tapi mencari buku untuk dibuat ringkasan. Tugas pelajaran Bahasa Indonesia dari Bu Maryati. Shania mengelilingi setiap lorong dan rak demi rak ruang perpustakaan. Masih bingung hendak memilih buku yang mana. Matanya tertumbuk pada buku-buku karya sastra. Shania ingat benar nama-nama penulis buku tersebut. Armijn Pane, Sanusi Pane, Sutan Takdir Alisjahbana, Buya HAMKA, Nur Sutan Iskandar. Betapa senang sebagai generasi muda tertarik membaca karya berbobot. Setelah dicatat petugas perpustakaan, Shania kembali ke kelas.

Jam istirahat dipakainya untuk membaca. Baru membaca beberapa halaman, diganti buku yang lain. Baca lagi buku yang lain dan diganti lagi. Bukunya tebal-tebal. Halaman demi halaman buku sudah menguning. Kadang Shania mengernyitkan dahi, tanda tidak mengerti. Belum lagi ejaan bahasanya masih menggunakan ejaan lama seperti dj, tj, j, oe. "Ciehhh...bacaannya oiii, kelas kakap semua," ledek Anton yang nakal setelah melihat-lihat judul buku yang terserak di meja Shania.

Kini Shania menjadi ragu. Waktu sebulan harus menyelesaikan ringkasan lima buku. Dia masih harus mengajar di rumah singgah dua kali seminggu, harus pandai membagi waktu untuk pelajaran dan ulangan. Dengan berat hati keesokan harinya Shania mengembalikan semua buku yang dipinjamnya. Shania ingat akan pesan papa mamanya "Boleh mengajar di Rumah Singgah dengan catatan nilai raport harus bagus." Shania berjanji dalam hati akan meminjam buku tersebut selama masa liburan sekolah nanti.

Jakarta, 7 September 2018.
#pentigrafanak
#pentigrafSF
#keluargaShania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Agusanna Ernest, Kriswo Rini, Camelia Septiyati Koto

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: