Senin, 13 Agustus 2018

KELUARGA SHANIA (28)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (28)
*Ulang Tahun Keyra
Oleh Agust Wahyu

“Keyra… ulang tahunmu tahun ini mau dirayakan di mana?” tanya mamanya saat setelah makan malam usai. Gadis kecil kelas V SD itu terdiam sejenak dan tampaknya berpikir keras sebelum akhirnya menggeleng. Tak urung itu membuat mamanya kaget, juga papanya yang kebetulan melirik puterinya. Kali ini Keyra tak ingin merayakannya di sekolah sepeti tahun-tahun sebelumnya. Dia merasa kasihan dengan teman-temannya yang ingin merayakan tetapi tak mampu. Lalu Wina, mama Keyra menawarkan acara ulang tahunnya dirayakan di rumah. “Boleh nggak Keyra merayakannya bersama Shania?” tanya Keyra perlahan. Kebetulan ulang tahun mereka berbeda hanya 2 hari. Mamanya langsung mengangguk dan tersenyum.

Esok harinya sepulang sekolah, Keyra menjumpai Shania dan memintanya untuk pulang bersama. Keyra langsung menyampaikan rencana mamanya pada Shania dengan riang gembira. Shania cukup terkejut tetapi tak menyambutnya dengan antusias. Dia bingung. Seumur-umurnya dia belum pernah merayakan ulang tahun. Biasanya saat ulang tahun, dia hanya berdoa bersama lalu makan masakan ibunya di rumah. Pernah satu kali, dia mengantarkan kue buatan ibunya pada tetangga dekatnya. Dan kali ini Keyra menawarkan untuk merayakannya bersama. “Makasih Keyra, tetapi aku mesti tanya ibu dulu ya!” Dan Keyra kemudian menceritakan semua ini pada mamanya sesampainya di rumah.

Sore harinya, Keyra dan mamanya, yang dikenal sebagai Tante Lydwina, mendatangi rumah Shania. Kebetulan Shania sendiri yang menyambutnya. Ibunya Shania yang langsung ke luar dari dalam, “Maaf… ini kerjaan Shania,” ujarnya karena ruang tamu yang penuh kardus, buku-buku, dan pakaian bekas. “Tante, boleh nggak Shania minta sumbangan buat tambahin uang Shania untuk dikirim ke Lombok?” Shania berucap dengan cukup lantang. Keyra langsung menyahut dan mengusulkan bila ulang tahunnya tak usah pesta tetapi uangnya disumbangkan ke korban bencana gempa bumi di Lombok. Tanpa dikomando, kedua ibu itu memeluk anaknya, bangga dengan kemuliaan hati mereka.

Santa Ursula, 13 Agustus 2018

#pentigrafanak
#keluargashania
#pentigraf_aw

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Agusanna Ernest, Kriswo Rini, Camelia Septiyati Koto

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: