Rabu, 15 Agustus 2018

KELUARGA SHANIA (29)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (29)
*WC Tersenyum
Oleh Arie Yani

“Kami Pramuka Indonesia, manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan
agar jaya Indonesia. Indonesia tanah airku, kami jadi pandumu…” Hymne Satya Dharma Pramuka dinyanyikan dengan suara lantang oleh siswa siswi kelas 5 pada saat upacara memperingat Hari Pramuka ke 57. Kelasnya Shania mendapat tugas untuk paduan suara, dan mereka sudah mempersiapkan diri dengan latihan sejak satu minggu yang lalu setiap pulang sekolah. Dalam sambutannya, pemimpin upacara menyampaikan tema Hari Pramuka tahun ini adalah Pramuka Perekat NKRI. Mengajak seluruh siswa sebagai generasi muda yang berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka. Mengisi waktu mudanya dengan kegiatan yang positif dan produktif. Tumbuh menjadi generasi muda Indonesia yang unggul, hebat, kreatif, generasi yang berjuang, dan bukan sebagai generasi pecundang. Di akhir upacara ditutup dengan tepuk Pramuka bersama.

Selesai upacara Hari Pramuka, pihak sekolah mengadakan kerja bakti membersihkan seluruh lingkungan sekolah dan sekitarnya. Mulai dari lapangan, kebun, kantin sekolah, ruang perpustakaan, setiap ruang kelas hingga WC. Acara kerja bakti ini sekaligus untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Setiap kali acara kerja bakti, banyak siswa menghindari membersihkan WC karena jijik. Shania dan Keyra saling berpandangan, tanpa bicara mereka langsung menuju WC wanita dengan membawa peralatan untuk membersihkan. Tidak lupa mereka pun mengajak beberapa teman kelasnya. Tidak mudah mengajak teman untuk membersihkan WC, namun akhirnya Shania berhasil merayu Aya, Echie dan Ririn untuk ikut membersihkan bersama.

Tidak terasa sudah dua jam lebih mereka berlima membersihkan lima WC wanita dan akhirnya selesai. “Waaahhhh, coba lihat… WC kita sekarang bersih dan wangi. Semua kuman ketakutan dan pergi karena kerjasama kita. Sekarang bukan lagi WC yang menjijikan, tetapi WC tersenyum.” Wajah Keyra begitu bahagia sekalipun berkringat. Mereka berlima pun saling thos gembira, lalu pergi menuju ke loker untuk ambil pakaian ganti, karena pakaian mereka basah saat membersihkan WC.

Bogor, 15 Agustus 2018
#pentigrafanak
#keluargashania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Agusanna Ernest, Kriswo Rini, Camelia Septiyati Koto

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: