Kamis, 23 Agustus 2018

KELUARGA SHANIA (33)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (33)
*Kejujuran
Oleh: merry srifatmadewi

"Mamaaa, aku boleh tanya ga?" tanya Shania sambil memegang gawai. Tentu saja mamanya menganggukkan kepala dan mengiyakan sambil tersenyum. Ditunjukkannya sebuah tulisan yang menjadi status. Shania meminta mama untuk membaca tulisan tersebut. Selesai tulisan tersebut dibaca, ditunjukkannya lagi tulisan lain yang menjadi status penulis lainnya. Shania menunggu hingga mama selesai membaca. Mama menunggu reaksi Shania, apa yang hendak ditanyakan anak pandai yang pertanyaannya suka kritis itu.

"Bolehkah tulisan orang lain ditulis seakan tulisan tersebut dibuat oleh pembuat status tersebut tanpa menulis narasumbernya?" tanya Shania yang sejak dari kandungan sudah terbiasa dibacakan cerita oleh mama dan membuka internet menunjukkan darimana tulisan-tulisan yang ditunjukkan merupakan copy-paste karya orang lain. Pertanyaan yang sangat menohok hati. Pertanyaan yang membutuhkan kejujuran. Pertanyaan yang membuat dilema ibarat makan buah simalakama.

Teringat mama beberapa waktu lalu ketika memberitahu kebenaran yang ada kepada teman, malah mama dijauhi dan dimusuhi. Merasa mama adalah orang yang sok tahu, sok benar, sok suci."Bohong putih tidak apa-apa demi kebaikan," begitu jawab temannya dan tidak lama kemudian akun facebook mama diblokir. "Mama kok diam, beritahu temannya mama bahwa berbohong itu dosa kepada Tuhan dan membohongi orang lain juga. Jangan lupa ya, mam. Jangan sampai orang lain ikut-ikutan melakukan yang tidak benar" pinta Shania. Zaman sekarang kebenaran menjadi barang langka. Kejujuran digadaikan, mama membatin dalam hati.

Jakarta, 21 Agustus 2018.
#pentigrafSF
#pentigrafanak
#keluargaShania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Agusanna Ernest, Kriswo Rini, Camelia Septiyati Koto

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: