Sabtu, 25 Agustus 2018

KELUARGA SHANIA (35)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (35)
*Kejutan Saat Upacara Bendera
Oleh Waty Sumiati Halim

Angin musim kemarau bertiup lembut menerpa wajah para guru dan murid-murid yang masih berbaris rapi di lapangan sekolah. Pagi ini mereka mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tanun Kemerdekaan Republik Indonesia.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Shania terpilih menjadi petugas pembaca Mukadimah Undang-undang Dasar '45. Dan ia berharap dapat melaksanakan tugasnya tanpa cacat cela.

Shania berdiri di deretan petugas upacara bersama teman lainnya yang juga bertugas dalam upacara. Ia merasa agak gugup karena ini merupakan kali pertama menjadi petugas pembaca. Berkali-kali diamatinya ujung sepatunya untuk memastikannya dalam keadaan hitam mengkilap. Ia ingat tadi pagi ia tidak hanya sibuk mengikat rambut dan menggulungnya supaya tampak rapi. Namun ia juga harus berusaha berjalan dengan amat hati-hati supaya baju putih dan sepatu hitamnya tidak kotor terkena debu.

Ketika tiba giliran Shania maju untuk membacakan Mukadimah, ia baru menyadari ada sesuatu yang terlupa : kacamatanya Di manakah benda itu? Oh, ia baru ingat tadi ia meletakkannya di meja rias di kamar Mama. Rasanya sekujur tubuhnya terasa basah oleh keringat, padahal hari masih pagi. Shania mencoba melangkah dengan tegap sambil membisikkan doanya, Tuhan, tololnglah. Ia sudah pasrah. Dibukanya map teks Mukadimah dan tampak olehnya teksnya amat buram, namun ia ingat kalimat pertamanya. Dicobanya untuk mulai membaca, "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan adalah hak segala bangsa..." Dan semuanya mengalir begitu lancar hingga selesai. Dalam hati Shania amat bersyukur karena telah berlatih bersungguh-sungguh hingga ternyata ia hafal isi Mukadimah. Seluruhnya!

Bandung, 17082018
#Pentigraf Weesha
#pentigrafanak
#keluargaShania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim, Maria Miguel, Agusanna Ernest, Kriswo Rini, Camelia Septiyati Koto

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: