Minggu, 22 Juli 2018

KELUARGA SHANIA (9)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (9)
*Sahabat yang Baik
Oleh Stella Christiani Ekaputri Widjaja

Hari itu seperti sudah diumumkan, kelas 5A ulangan matematika. Shania dengan teliti menghitung di kertas corat-coret lalu memasukkan jawaban di lembar ulangan. Sudah separuh soal dia kerjakan ketika kakinya merasakan tendangan kecil. Dia menengok ke arah Tania, teman sebangku sekaligus sahabat karibnya. "Beri aku contekan dong," mohonnya lirih dengan wajah memelas. Shania kebingungan tak tau harus berbuat apa. Kalau ia memberi jawaban ulangan, ia takut ketauan, dan itu tidak jujur. Lagipula itu artinya dia melatih Tania tiidak belajar dan mencari jalan pintas. Tapi di lain pihak ia takut dianggap pelit, sok suci dan kehilangan teman terdekatnya sejak TK.

Terjadi pergumulan hebat dalam hati Shania namun setelah menimbang-nimbang, dia menggelengkan wajahnya. Dia sedih melihat sorot kekecewaan sekaligus kemarahan di mata Tania. Hampir saja dia berubah pikiran namun dimantapkannya hatinya. Dia tahu apa yang akan diperbuatnya nanti. Kembali dia memusatkan perhatiannya mengerjakan sisa soal-soal ulangan.

Pukul 4 sore setelah istirahat dan mandi, Shania meminta izin ibunya untuk pergi ke rumah Tania. Dilihatnya Tania sedang duduk di teras rumahnya. Awalnya dia hendak menghindari Shania tapi dengan lembut Shania mengajaknya berbicara. Dia menjelaskan mengapa dia tidak bersedia memberi contekan dan menanyakan mengapa Tania tidak dapat mengerjakan ulangan. Ternyata Tania belum memahami dengan baik materinya. "Kalau begitu aku akan mengajarimu," ujar Shania ceria. Sejurus kemudian dua kepala mungil dengan kuncir kuda sibuk mengerjakan beberapa soal latihan. Sesekali tampak mereka sudah kembali tertawa-tawa akrab.

21/07/2018
#pentigrafanak
#keluargashania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: