Kamis, 19 Juli 2018

KELUARGA SHANIA (7)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (7)
*Bakti Sosial
Oleh Dewi Mudatama

Satu bulan setelah hari pertama Shania masuk sekolah baru merupakan Hari Ulang Tahun ke-60 sekolah barunya. Rangkaian acara ulang tahun sekolah mulai digelar seminggu setelah hari pertama tahun ajaran baru. Rangkaian acara dibuka dengan jalan gembira pada Hari Minggu yang pesertanya guru, murid dan wali murid. Disambung seminggu kemudian dengan acara bakti sosial dengan mengunjungi panti asuhan “Ananda Bahagia.” Lalu ditutup dengan acara pentas seni dengan sajian kesenian dari masing-masing kelas.

Shania selalu turut serta dalam rangkaian acara ulang tahun di sekolahnya. Dia merasa bahagia dapat mengikuti setiap acara, setiap perayaan baginya merupakan ungkapan syukur. Acara yang paling berkesan bagi Shania adalah bakti sosial dengan mengunjungi panti asuhan “Ananda Bahagia.” Dalam kunjungan panti itu Shania mendapatkan teman-teman baru, adik-adik para penghuni panti. Shania sangat terkesan dengan mereka yang selalu ceria, meskipun pakaiannya tak seelok pakaian teman-teman sekolahnya dan tidak tinggal bersama ibu dan bapak kandungnya. Shania ingin mengunjungi mereka di lain waktu.

Diam-diam Shania mulai menabung uang jajannya dengan menghematnya atau jika ibu memberikan bekal makanan maka dia menyimpan uang jajannya. Shania mengumpulkan pakaian yang masih bagus tetapi sudah tidak muat lagi dipakai dan mainan serta tas yang masih bagus tetapi dia sesudah tidak menggunakannya. “Ibu, aku ingin diantar ke panti Ananda Bahagia. Aku sudah mengumpulkan uang jajan dan barang-barang untuk aku bagikan kepada adik-adik di sana. Aku ingin mereka senang dan dapat bermain seperti aku dengan mainan-mainanku, “ jelas Shania kepada ibunya. Ibu memeluk Shania dengan haru, betapa mulia hatimu Shania.

#keluargashania
#pentigrafanak

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: