Rabu, 25 Juli 2018

KELUARGA SHANIA (13)

#pentigraf_anak_lepas
KELUARGA SHANIA (13)
*Memasak
Oleh Albertha Tirta

Shania sangat bingung dan sedih. Siang itu bapak sudah pulang kerja dan cepat-cepat mengajak ibu pergi ke rumah nenek yang sakit. Bapak berpesan untuk menjaga adik baik-baik. Shania mengangguk dan menggenggam tangan adiknya, mengiringi kepergian mereka dengan tatapan matanya.

Menjelang malam bapak dan ibu belum muncul. Adik mulai merengek mencari ibu dan meminta makan. Di almari makan Shania hanya menemukan tempe goreng. Di kulkas hanya ada sekotak susu dan beberapa sayuran mentah, langsung susu diberikan kepada adik untuk mengganjal perutnya. Ia bingung mondar- mandir di depan kulkas, memikirkan makan malam, tiba-tiba ia ingat pelajaran ekstrakulikuler memasak minggu lalu membuat gado-gado. Tanpa pikir panjang direbusnya semua sayuran seperti yang sudah dilakukan di Sekolah. Setelah selesai, muncul lagi kebingungan cara membuat sambalnya. Sambil menggaruk-nggaruk kepala, ia mengedarkan pandangannya dan terbentur pada sambal botol dan kacang mede di meja. Muncullah idenya, diblendernya sedikit sambal dan kacang mede ditambah sedikit air. Setelah hancur semua dituang di atas sayuran dan diaduk-aduk bersama irisan tempe goreng.

Gado-gado sudah siap di meja makan, tetapi adik malah protes, karena ia tidak menyukai sayur. Shania tidak memaksa, ia yang sudah lapar menyuap pelan-pelan masakannya, sampai tinggal separuhnya. " Enak kak?" adiknya bertanya. Ia langsung menyodorkan untuk mencoba mencicipi. Dijumput sedikit sayuran ditempel di ujung lidah, dicecap beberapa kali. Pelan namun pasti adik mulai menyantap dan herannya bisa habis tanpa tersisa. Tengah malam bapak dan ibu baru pulang. Adik yang belum tidur langsung berlari memeluk ibu sambil bercerita makan malamnya dan meminta besok untuk dimasakkan sayur yang sama. Ibu langsung memeluk Shania dan adiknya sambil menciumi mereka bergantian.

#keluargashania

Penulis yang sudah berpartisipasi:
Agust Wahyu, Arie Yani, Ypb Wiratmoko, Albertha Tirta, Merry Srifatmadewi. Siu Hong-Irene Tan, Dewi Mudatama, Yosep Yuniarto, Stella Christiani Ekaputri Widjaja, Jenny Seputro, Waty Sumiati Halim

Catatan:
- Pentigraf Anak Lepas yang bercerita tentang kehidupan Shania, siswa kelas V SD, di rumahnya, sekolah, atau lingkungannya.
- Shania memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan.
- Anda yang berminat dapat bergabung dengan menuliskan pentigrafnyanya lalu mengirimkannya lewat inboks ke Agust Wahyu.
- Pentigraf diperuntukkan untuk anak usia sekolah dasar tentunya dengan pesan-pesan positif yang mudah dicerna oleh anak-anak.
- Pentigraf Anak Keluarga Shania selengkapnya dapat dilihat di https://anggrek-kuning.blogspot.com/
Mari kita menambah dan memperkaya bacaan buat anak-anak Indonesia

Salam Literasi

Tidak ada komentar: